DOLC: Antusiasme Pengunjung ke booth ICEL

DOLC: Antusiasme Pengunjung ke booth ICEL

Badan Ekskutif Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia (BEM FHUI) kembali menggelar acara bursa kerja dengan “Days of Law Career 2020” atau bisa disingkat dengan DOLC 2020. Pada DOLC ini panitia mengangkat tema “The Prelude to a Greater-Scope”. Tahun ini, DOLC 2020 bertujuan untuk memperluas pemahaman mahasiswa hukum dan lulusan hukum di Indonesia tentang peluang karier di bidang hukum, sementara secara bersamaan mendorong langkah mereka dalam menggali minat dan kemampuan mereka untuk menemukan pekerjaan yang sesuai minat, selera dan passion. Sementara itu, DOLC 2020 ini juga mempunyai tagline “Seize Your Opportunity” atau bisa diartikan sebagai Rebut Peluangmu yang mempunyai makna berusaha untuk mendorong mahasiswa hukum dan lulusan hukum untuk memanfaatkan peluang karier yang disediakan oleh DOLC 2020.

Acara inti DOLC 202O ini diadakan tanggal 13-15 Februari 2020 di Ballroom Kuningan City, Jakarta Selatan. Ini merupakan pertama kalinya DOLC diadakan di luar FHUI, karena tahun-tahun sebelumnya DOLC diadakan di sekitar FHUI. Walaupun tahun ini tempatnya berbeda dari tahun sebelumnya, namun para pengunjung tetap antusias mengunjungi acara DOLC 2020. Para pengunjung terlihat silih berganti mengunjungi booth-booth perusahan/lembaga yang ada pada acara ini.

Sejumlah kantor pengacara (law firm) ternama, lembaga negara bidang hukum, Lembaga Swadaya Masyarakat, serta sejumlah perusahaan swasta turut hadir untuk berpartisipasi memeriahkan acara ini. Tidak terkecuali Indonesian Center for Environmental Law (ICEL).

ICEL adalah salah satu LSM yang berpartisipasi dalam DOLC 2020 ini. Dalam beberapa tahun terakhir ICEL selalu menjadi partisipasi dalam acara yang diadakan oleh BEM FH UI ini. Booth ICEL ini selalu ramai didatangi para pengunjung. Tujuan para pengunjung ini bermacam-macam, ada yang memang kenal dengan penjaga booth ICEL lalu berbincang, melamar pekerjaan, dan juga mahasiswa aktif yang bertanya tentang kesempatan magang yang dibuka oleh ICEL.

Menurut Dona, salah satu Staff ICEL yang bertugas di booth mengungkapkan para pengunjung terlihat sangat antusias saat mengunjungi booth ICEL, terutama mereka yang bertanya soal kesempatan magang dan bagaimana bergabung ke ICEL. Memang dari semua pengunjung yang mendatangi booth ICEL rata-rata menanyakan kesempatan magang dan kesempatan berkarier di ICEL.

ICEL menyediakan souvenir berupa buku-buku, kertas kebijakan dan hasil publikasi ICEL lainnya dan para pengunjung bisa membawa pulang dengan cuma-cuma. (Bachrul).