ICEL, IDLO, KLHK dan Kedutaan Belanda di Indonesia Selenggarakan Seminar Circular Economy

ICEL, IDLO, KLHK dan Kedutaan Belanda di Indonesia Selenggarakan Seminar <em>Circular Economy</em>

Jakarta | 13-14 November 2019. Internasional Development Law Organization (IDLO) berkolaborasi dengan Indonesian Centre for Environmental Law (ICEL) dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyelenggarakan seminar pengelolaan sampah dengan mengusung tema “Kerangka Kebijakan Circular Economy dalam Pengelolaan Sampah Plastik” di JW Marriot Hotel, Jakarta.

 

Seminar ini merupakan bagian dari program Rule of Law Fund (RoLF) yang didukung oleh Kedutaan Besar Belanda di Indonesia dan diimplementasikan oleh IDLO. Seminar ini dihadiri oleh berbagai lembaga seperti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kedutaan Besar Belanda di Indonesia, organisasi internasional, produsen, serta berbagai organisasi masyarakat sipil seperti Ikatan Pedagang Pasar Indonesia, Gerakan Diet Kantong Plastik.

 

Seminar ini bertujuan untuk membagi informasi mengenai penggunaan pendekatan circular economy dalam pengelolaan sampah plastik, dimana circular economy menciptakan nilai sampah, dengan memperpanjang umur produk dan memindahkan sampah dari akhir rantai pasokan kembali ke awal. Dalam circular economy, bahan untuk produk baru berasal dari produk lama dan sebisa mungkin semuanya digunakan kembali, diproduksi ulang, atau sebagai upaya terakhir, didaur ulang kembali menjadi bahan mentah atau digunakan sebagai sumber energi.

Acara dibuka oleh Rosa Vivien Ratnawati,Direktur Jenderal Pengelolaan Limbah, Sampah, dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia, dan Perwakilan Kementerian Infrastruktur dan Pengelolaan Air Kerajaan Belanda yaitu Martin van Nieuwuhoven.

 

Seminar diskusi ini dibagi menjadi dua sesi, yakni Circular Economy dalam Pengelolaan Sampah Plastik: Pengalaman Eropa dan Indonesia” dan “Menyusun peraturan untuk pelaksanaan Extended Producer Responsibility (EPR)”

 

Sesi pertama ini diisi dengan paparan dari Martin van Nieuwuhoven dan Dr. Novrizal Tahar sebagai Direktur Pengelolaan Sampah Kementerian Hidup dan Lingkungan (KLHK) Republik Indonesia. Sesi kedua menghadirkan lima narasumber yakni Direktur Pengelolaan Sampah KLHK Dr. Novrizal Tahar, Ivo Meijer dari Universitas Wageningen, Belanda, Kepala Divisi Pengendalian Pencemaran ICEL Fajri Fadilah, serta Adi Asmawan dari Saruga Pack Free Store.