ICEL Selenggarakan Environmetal Law Outlook 2021: Soroti Keberlanjutan Lingkungan Hidup Ditengah Pemulihan Ekonomi

Jakarta | Indonesian Center for Enviromental Law (ICEL) menyelenggarakan Outlok 2021 dengan tema “Indonesia Environmental Law Outlook 2021: Proyeksi Keberlanjutan Lingkungan Hidup di Tengah Upaya Pemulihan Ekonomi”. Outlook ini merupakan inisiatif untuk merefleksikan permasalahan hukum yang mempengaruhi tata kelola lingkungan hidup selama tahun 2020. Outlook ini juga menyampaikan usulan proyeksi agenda penguatan hukum lingkungan di tahun 2021

Outlook yang dilaksanakan melalui via dalam jaringan (daring) ini, menggarisbawahi tiga catatan utama,yakni:

  1. Lahirnya kebijakan-kebijakan yang berpotensi melemahkan upaya perlindungan lingkungan dan hak-hak masyarakat di tahun 2020, seperti UU Cipta Kerja dan UU Minerba.
  2. Perkembangan penegakan hukum lingkungan hidup masih menghadapi kendala besar dalam eksekusinya, terutama terkait pemulihan lingkungan dan hak atas lingkungan hidup.
  3. Terdapat kebijakan-kebijakan dan solusi alternatif yang sejalan dengan pembangunan berkelanjutan justru tidak diprioritaskan, contohnya kebijakan Anti-SLAPP.

Terhadap 3 catatan utama tersebut, ICEL merekomendasikan 4 (empat) agenda prioritas yang dipandang perlu dijalankan pemerintah untuk memastikan kelembagaan lingkungan hidup tetap kuat, yaitu:

  1. Pengawasan dan evaluasi implementasi instrumen perlindungan lingkungan hidup dari setiap kebijakan yang berpotensi merusak dan mencemari lingkungan hidup, termasuk melakukan revisi kebijakan yang tidak sesuai dengan perlindungan lingkungan dan hak-hak masyarakat serta melakukan penegakan hukum yang adil.
  2. Pengawalan pelaksanaan putusan pengadilan yang sudah baik dengan titik tekan pada pemulihan lingkungan hidup.
  3. Kepastian pemenuhan hak atas akses masyarakat dan hak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat dengan prioritas menyusun peraturan pelaksana Anti-SLAPP serta melakukan koordinasi dan pembinaan bagi institusi lainnya dalam menjamin hak akses, khususnya akses informasi lingkungan.
  4. Pengawalan implementasi kebijakan serta membuat dan melaksanakan peta jalan dalam usaha menurunkan emisi gas rumah kaca. (Dona)

 

Silahkan simak kembali video “Environmental Law Outlook 2021”

Laporan hasil Environmental Law Outlook 2021 bisa di unduh disini

 

 

Tinggalkan Balasan