Pemerintah Takut Ungkap Nama Perusahaan Biang Asap

FORUMHIJAU.COM – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Luhut Panjaitan dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya kompak tidak akan membongkar nama-nama perusahaan yang diduga melakukan pembakaran lahan, dan hutan di wilayah Sumatera dan Kalimantan.

Hal ini berbanding terbalik dengan penanganan kasus korupsi dan pidana lainnya dimana nama tersangka diinformasikan ke publik. Padahal, pembakaran lahan dan hutan merupakan tindak pidana luar biasa.

Direktur Eksekutif Indonesian Center for Environmental Law (ICEL), Henri Subagiyo menyayangkan sikap kedua menteri tersebut.

“Hal ini menjadi bukti bahwa pemerintah lebih mementingkan nama baik perusahaan pelaku pembakaran hutan ketimbang jutaan rakyat yang menjadi korban kabut asap,” kata Henri, Senin (26/10).

Padahal, lanjutnya, pemilik perusahaan yang terbukti terlibat dalam kebakaran hutan dan lahan seharusnya turut diusut dan diungkap ke publik.

“Sanksi administrasi dan ganti rugi saja tidak cukup untuk membuat jera perusahaan pelaku pembakaran. Pemerintah harus ungkap nama- nama perusahaan tersebut. Kita harus beri sanksi moral juga kepada perusahaan,” jelasnya.

Henri menambahkan, pengungkapan nama dimaksudkan agar publik tahu siapa aktor intelektual ataupun perusahaan penanggung jawab. Tak hanya itu, lanjutnya, pemimpin perusahaan juga harus diketahui.

“Jangan setengah-setengah dalam menghukum kejahatan luar biasa. Mereka ini melakukan pembakaran bertahun-tahun. Ini sangat aneh, pasti ada tekanan politik yang dilakukan perusahaan pembakar hutan dan lahan,” ujarnya.