ICEL

ICEL

[Call for Paper] Jurnal Hukum Lingkungan Indonesia Vol. 4 Issue 2

CALL FOR PAPERS !!

Jurnal Hukum Lingkungan Indonesia (ISSN: 2355-1305) menerima artikel ilmiah untuk:

Vol. 4 Issue 2 (Desember 2017)

 

Jurnal Hukum Lingkungan Indonesia (JHLI) adalah media enam bulanan yang diterbitkan oleh Indonesian Center for Environmental Law (ICEL) sebagai upaya mempublikasikan ide dan gagasan mengenai hukum lingkungan dan regulasi mengenai sumber daya alam. Jurnal Hukum Lingkungan Indonesia ditujukan bagi pakar dan para akademisi, praktisi, penyelenggara Negara, kalangan LSM serta pemerhati dan penggiat hukum lingkungan dan permasalahan tata kelola sumber daya alam.

Tema dan Topik

JHLI Volume 4 Issue 2, Desember 2017, memuat tulisan yang mengangkat tema umum hukum dan kebijakan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dalam sektor apapun.

Beberapa topik* yang dapat menjadi acuan dalam menyempitkan tema tersebut adalah:

(1) Pencemaran air, udara, tanah dan bahan beracun berbahaya (B3); (2) Pengelolaan sampah; (3) Perlindungan dan pengelolaan keanekaragaman hayati; (4) Tata kelola hutan dan lahan; (5) Perlindungan dan pengelolaan sumber daya alam laut; (6) Kesehatan lingkungan dan hak asasi manusia; (7) Keadilan lingkungan; (8) Tata ruang dan lingkungan hidup; dan lain-lain.

Untuk setiap topik, diharapkan ulasan dapat menjawab satu atau lebih pertanyaan kunci berikut:

  1. Bagaimana permasalahan hukum / kebijakan dari topik yang bersangkutan dalam tataran norma?
  2. Bagaimana persoalan-persoalan yang dihadapi dalam mengimplementasikan norma hukum / kebijakan dari topik yang bersangkutan?
  3. Bagaimana gagasan-gagasan dalam memperbaiki dan mengembangkan hukum dan kebijakan terkait topik yang bersangkutan?

*) Topik tidak bersifat wajib/mutlak, melainkan hanya sebagai panduan untuk mempermudah penulis dalam memilih isu terkait. Penulis dapat memilih topik apa saja yang masih relevan dan masuk dalam ruang lingkup tema besar.

Prosedur Pengiriman**

Untuk Vol. 4 Issue 2 (Desember 2017), Penulis diharapkan mengirimkan abstrak sebelum Sabtu, 30 September 2017 dengan menyertakan (1) nama lengkap; (2) institusi asal; (3) nomor telepon yang dapat dihubungi. Redaksi akan menghubungi penulis yang naskahnya yang diterima. Naskah final diterima redaksi paling lambat Kamis, 30 November 2017.

Abstrak maupun naskah artikel dapat dikirimkan melalui surat elektronik maupun melalui pos. Pengiriman melalui surat elektronik ditujukan ke jurnal@icel.or.id dengan di-cc ke margaretha.quina@icel.or.id. Pengiriman melalui pos disertai dengan tulisan “Jurnal Lingkungan Hidup Indonesia” di sudut kiri atas amplop, ditujukan ke alamat alamat kantor Indonesian Center for Environmental Law sebagaimana tercantum dalam bagian “Kontak Kami.”

Pemilihan Tulisan

Pemilihan abstrak bersifat prosedural untuk menyaring artikel yang relevan dengan aspek hukum dan kebijakan, dilakukan secara internal oleh para peneliti ICEL. Redaksi akan menghubungi penulis yang abstraknya diterima.

Pemilihan tulisan akhir melalui penelaahan formil dan plagiarisme oleh Redaksi, yang dilanjutkan dengan penelaahan substantif oleh Sidang Redaksi yang terdiri dari para peneliti ICEL dan Mitra Bebestari. Tulisan yang dimuat akan diberikan honorarium yang layak, sementara tulisan yang tidak dimuat akan diberikan notifikasi dan merupakan hak penulis sepenuhnya. Sidang Redaksi dapat meminta penulis untuk melakukan perbaikan substansi maupun teknis terhadap tulisannya.

Terms of Reference & Persyaratan Formil

Silakan mengacu pada tautan berikut untuk pedoman penulisan Anda: Persyaratan Formil Penulisan Naskah Artikel JHLI