ICEL

ICEL

Catatan Akhir Tahun ICEL 2017

Seperti tahun-tahun sebelumnya, ICEL konsisten memberikan catatan kritis terkait kinerja pemerintah. Catatan Akhir Tahun kali ini dikemas dengan judul: “Kebijakan Pemerintahan JOKOWI-JK tahun 2017 : Ambisi Mega Proyek, Minim Perlindungan Lingkungan”. Bertempat di Kekini, Jakarta Pusat diskusi kali ini dihadiri oleh berbagai media yang memiliki fokus terhadap perkembangan hukum lingkungan di Indonesia.

Adapun pokok bahasan yang diangkat dalam acara ini mengenai : (1). Kebijakan dan penegakan hukum lingkungan; (2). Kehutanan dan lahan; (3). Pencemaran lingkungan; dan (4) Kelautan dan pesisir. Dimana kebijakan pemerintah mengenai masalah tersebut tengah menjadi sorotan publik karena dianggap belum optimal dalam memberikan perlindungan lingkungan hidup dan sumber daya alam.

Catatan Akhir ICEL 2017 di KeKini , Jakarta Pusat

Berdasarkan advokasi kasus, penelitian dan pendampingan yang dilakukan oleh ICEL bersama dengan jaringan masyarakat sipil maupun pemangku kepentingan lainnya selama 2017 terdapat beberapa point yang harus diperhatikan oleh pemerintah ke depannya yaitu :

  • Proyek strategis yang dikembangkan pemerintah belum berbanding lurus dengan perlindungan lingkungan hidup dan sumber daya alam. Dimana diharapkan pemerintah ketika mengeluarkan kebijakan korektif juga harus memperhatikan aspek perlindungan terhadap lingkungan hidup
  • Pembaharuan mengenai standar baku mutu. Hal ini perlu dilakukan karena banyak proyek strategis yang akan didorong sehingga dikhawatirkan proyek-proyek ini akan memberikan dampak yang signifikan bagi kelangsungan lingkungan hidup.
  • Pembaharuan hukum mengenai perlindungan lingkungan hidup dan sumber daya alam. Dimana pemerintah tidak harus selalu fokus melakukan tindakan korektif saja, melainkan juga harus menindak tegas terhadap pelaku pencemaran.
  • Kebijakan dan upaya redistribusi hutan dan lahan memberikan warna positif namun masih banyak kendala yang disebabkan oleh masih timpangnya komitmen pusat-daerah serta kapasitas kelembagaan di daerah.

Baca selengkapnya disini

 

Jakarta, 15 Desember 2017