ICEL

ICEL

Catatan Awal Tahun ICEL 2019

Tahun 2019 merupakan tahun politik. Kontestasi Pemilu tentunya berdampak kepada kebijakan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di tahun ini. Namun di tahun ini juga Indonesia akan memiliki pemerintahan baru (2019-2024) hasil dari Pemilu. Oleh karena itu, Indonesian Center for Environmental Law (ICEL) bermaksud memberikan hasil refleksi terkait dengan kebijakan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup sejak tahun 2014-2018 yang dituangkan dalam “Catatan Awal Tahun 2019: Kebijakan Hukum dan Penegakan Hukum Lingkungan Hidup”.

Catatan awal tahun ini akan membahas mengenai kebijakan, hukum, dan penegakan hukum terhadap beberapa isu strategis lingkungan hidup yang selama ini dicermati oleh ICEL, yaitu: kebakaran hutan dan lahan, perhutanan sosial, konservasi keanekaragaman hayati, kebijakan satu peta, pengetatan baku mutu air laut terkait Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Batubara, reklamasi pantai, pengelolaan sampah darat dan laut, perencanaan ruang laut, perikanan berkelanjutan, pengendalian pencemaran udara, pengendalian pencemaran air, pengelolaan Bahan Beracun dan Berbahaya (B3) dan Limbah Bahan Beracun dan Berbahaya (LB3) yang akan disampaikan dalam tiga kategori isu pokok, yaitu: (1) tata kelola hutan dan lahan; (2) pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup; dan (3) tata kelola laut dan pesisir. Selain itu catatan ini juga akan membahas satu kategori isu yang lebih umum terkait cara pemerintah dalam mengambil kebijakan dan melakukan penegakan hukum lingkungan.

Berbagai catatan ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi para kontestan Pemilu untuk mempertajam visi dan misi maupun agenda perlindungan dan penegakan hukum lingkungan hidup ke depan. Selain itu, kami juga berharap catatan ini dapat memberikan sumbangsih bagi publik sebagai salah satu instrumen penilaian terhadap para kontestan dalam menyongsong Pemilu.

Baca selengkapnya disini