ICEL

ICEL

Edukasi Seputar Hukum Lingkungan dalam DOLC 2019 FH UI

Jakarta | Indonesian Center for Environmental Law (ICEL) mendapatkan kesempatan untuk memperkenalkan lembaga ICEL dan edukasi terkait hukum lingkungan kepada Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FH UI) dalam acara Days of Law Career (DOLC). Acara ini diselenggarakan dari  tanggal 20-23 Februari 2019 di Lobi FH UI. Dalam acara tersebut, booth ICEL dikunjungi puluhan mahasiswa mulai dari mahasiswa semester dua hingga semester akhir.

Dalam kesempatan tersebut, ICEL juga memberikan souvenir berupa buku-buku terkait hasil penelitian dan kajian yang dilakukan oleh ICEL selama ini. Namun untuk mendapatkan souvenir ini ada beberapa syarat yang diajukan oleh panitia kepada pengunjung, yakni membawa tempat air minum sendiri, membawa tempat makan sendiri, dan menjawab tantangan yang diberikan oleh panitia terkait hukum lingkungan yang terjadi selama lima tahun terakhir ini, dan harapan ke depan terkait kebijakan hukum lingkungan pada lima tahun ke depan.

Pengunjung sangat antusias sekali saat panitia memberikan buku-buku gratis. “Saya sangat senang sekali berkunjung pada booth ICEL, saya dapat bertanya mengenai apa itu ICEL, dan seputar hukum lingkungan. Jadi seperti konsultasi gitu, selain itu saya mendapatkan beberapa buku yang dapat saya pakai saat mengambil mata kuliah hukum lingkungan nanti. Selain itu saya juga ditantang oleh panitia untuk menuliskan permasahalan hukum yang terjadi selama lima tahun belakangan ini” Ujar Aliya yang merupakan mahasiswa FH UI semester dua. 

Pada hari pertama di panggung utama DOLC 2019, Peneliti Divisi Pencemaran dan Pengendalian Lingkungan Hidup (LH) ICEL, Fajri Fadillah memberikan paparan terkait lembaga ICEL. Mulai dari visi misi dan seputar kegiatan yang dilakukan ICEL selama ini. Sedangkan pada hari ketiga ICEL juga memberikan doorprize buku-buku yang menarik jika dapat menjawab pertanyaan seputar sampah. Selain pertanyaan ICEL juga memberikan sedikit edukasi terkait permasalahan sampah di Indonesia.

Untuk diketahui bahwa acara DOLC 2019 ini, merupakan acara tahunan yang menampilkan bursa kerja, pameran beasiswa, lokakarya, talkshow dan acara tambahan lainnya yang diselenggarakan oleh BEM Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Dengan tema “Exceed the Expectation, Reshape the Reality”. Dalam acara tersebut turut hadir lembaga organisasi Internasional dan nasional, lembaga Pemerintah, lembaga beasiswa, Firma Hukum, dan lembaga pendidikan. (Dona)