Indonesian Center for Environmental Law (ICEL) merupakan organisasi non pemerintah yang bekerja untuk terwujudnya keadilan lingkungan yang berbasis nilai-nilai demokrasi, HAM, keadaban, keberlanjutan, negara hukum (rule of law), dan tata kelola pembangunan berkelanjutan yang baik (good sustainable development governance). Dalam menjalankan cita-cita tersebut ICEL menjalankan advokasinya melalui penelitian, pengembangan kapasitas, advokasi kasus dan pengelolaan pengetahuan. Kerja-kerja pembaharuan ICEL dilakukan dengan berbasiskan bukti. ICEL melakukan advokasi dengan jaringan, baik di tingkat regional, sub-nasional, nasional dan internasional.
ICEL juga mempunyai misi untuk menjadi organisasi non pemerintah yang menjalankan tata kelola yang baik (good NGO governance), sebagaimana tertuang dalam misi keempatnya. Untuk mewujudkan misi ke empat ini, peran tim keuangan yang baik, berintegritas, profesional dan kompak menjadi kunci. ICEL mengundang sumber daya manusia dengan semangat aktivisme yang sejalan dengan visi dan misi ICEL untuk bergabung dalam tim keuangan organisasi kami dalam mewujudkan ICEL menjadi organisasi dengan tata kelola yang semakin baik.
Saat ini, ICEL membuka lowongan pekerjaan untuk dan 1 (satu) orang Kasir dan 1 (satu) orang Staf Administrasi Kantor, dengan:
INFORMASI KUALIFIKASI
POSISI KASIR
Uraian Pekerjaan
- Melakukan verifikasi note keuangan dan lampiran pendukungnya sesuai dengan prosedur keuangan
- Melakukan pembayaran kas secara tunai maupun melalui transfer bank, serta memastikan kelengkapan seluruh aplikasi pembayaran via tunai dan bank
- Menyiapkan hal administrasi pengelolaan rekening bank, termasuk keuangan operasional kelembagaan seperti: asuransi Kesehatan dan asuransi ketenagakerjaan.
- Membuat voucher keuangan untuk setiap pengajuan dan pertanggungjawaban kas secara tunai maupun melalui transfer bank
- Memberikan informasi dana masuk, khususnya terkait dengan pengelolaan dana program.
- Menyusun dan menyampaikan laporan posisi kas dan bank secara periodik
- Melakukan rekonsiliasi bank secara periodik untuk memastikan bahwa saldo bank yang tersedia di rekening sesuai dengan saldo bank yang dicatat dan dilaporkan
- Melakukan pemeriksaan fisik kas (cash opname) secara periodik untuk memastikan bahwa saldo kas yang tersedia secara fisik sesuai dengan saldo kas yang dicatat dan dilaporkan
- Melakukan pengarsipan dan bertanggungjawab atas voucher-voucher keuangan beserta lampiran pendukungnya
- Membuat laporan kegiatan/perjalanan dinas yang bersifat naratif dan/atau keuangan
- Membantu proses pelaksanaan audit Lembaga secara periodik sesuai dengan AD/ART serta kebijakan dan prosedur keuangan
- Membantu proses pelaksanaan audit proyek sesuai dengan kebijakan dan prosedur keuangan dan kontrak perjanjian kerja sama program
- Melakukan tugas-tugas lain terkait dengan keuangan dan Lembaga.
POSISI ADMINISTRASI KANTOR
Uraian Pekerjaan
- Menyiapkan akomodasi, tiket serta kebutuhan lain untuk perjalanan dinas semua karyawan serta bertanggung jawab atas filing dokumentasinya
- Mengoordinasikan jadwal kegiatan kantor
- Membuat surat, melakukan entry, rekapitulasi dan pengarsipan data kantor
- Menyediakan inventaris dan kebutuhan harian untuk kegiatan kantor
- Memastikan berjalannya peraturan/kebijakan tentang pengadaan inventaris kantor
- Mencatat dan mengontrol inventaris kantor, berupa jumlah barang (stok), pemasukan dan pengeluaran inventaris
- Melakukan inventarisasi secara rutin terhadap seluruh inventaris kantor minimal enam bulan satu kali
- Menjalankan dan memastikan pembayaran kewajiban bayar dan iuran bulanan kantor, antara lain listrik, air, kebersihan, iuran lingkungan, dan keamanan
- Membuat usulan anggaran biaya pertahun dan per tiga bulan untuk pengadaan dan pemeliharaan inventaris kantor
- Mengoordinir dan mengawasi pemeliharaan secara rutin terhadap seluruh inventaris kantor
- Memonitor pemakaian fasilitas kantor antara lain laptop, komputer, AC.
- Mengoordinir dan memastikan pemeliharaan, peremajaan dan kesehatan serta keselamatan bangunan kantor dan seisinya
- Mencatat dan merekapitulasi catatan absen, cuti, dan lembur
- Mengoordinasikan peran resepsionis, petugas kebersihan, dan petugas keamanan kantor
- Melakukan tugas-tugas lain terkait dengan rumah tangga kantor dan Lembaga.
Kriteria Umum (berlaku untuk semua)
- Jujur dan menjunjung tinggi integritas pribadi dan organisasi
- Teliti, berinisiatif tinggi dan bertanggungjawab
- Memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik
- Mampu menentukan prioritas kerja dan berkomitmen untuk memenuhi tenggat waktu
- Mampu menyelesaikan pekerjaan secara mandiri dengan pengawasan dan pengarahan minimum
- Memiliki kemampuan analisis yang baik
- Memiliki kemampuan komunikasi yang baik
- Mampu bekerja dalam tim
- Terampil dalam manajemen arsip dokumen keuangan
Kualifikasi
- Pendidikan min. D3 Akuntansi, Administrasi Kantor atau jurusan lain yang relevan (untuk posisi Kasir dan Administrasi Kantor)
- Usia maks. 28 tahun
- Mampu belajar dengan cepat tentang SOP Keuangan organisasi dan cara kerja organisasi
Periode Kontrak
Kontrak 6 (enam) bulan, dapat diperpanjang sesuai performa dan kesepakatan kerja.
Waktu Kerja
Waktu kerja Senin-Jumat pk. 09.00-17.00 WIB
Persyaratan Administratif
Mengirimkan Surat Motivasi Kerja di ICEL (motivation letter) maksimal 500 kata, Curriculum Vitae (CV), beserta dokumen pendukung ke alamat email: info@icel.or.id dan cc email: stephania@icel.or.id dan isna@icel.or.id dengan subjek email:
“ICEL – Lamaran Staf Kasir”
“ICEL – Lamaran Staf Adiministrasi Kantor”
paling lambat Senin, 16 Januari 2023.
Informasi
Indonesian Center for Environmental Law (ICEL)
Jalan Dempo II No. 21, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12120
Phone (62-21) 7262740, 7233390 | www.icel.or.id | info@icel.or.id