Indonesian Center for Environmental Law (ICEL) merupakan Lembaga riset dan advokasi dalam bidang hukum dan kebijakan lingkungan hidup. Didirikan sejak tahun 1993, ICEL telah berkontribusi melakukan perubahan kebijakan, peningkatan kapasitas dan advokasi hukum baik dalam bidang hukum lingkungan umum (general environmental law) maupun sektoral serta perlindungan hak asasi manusia dan pembenahan tata kelola pemerintahan yang baik. Beberapa sub-bidang hukum lingkungan yang menjadi fokus ICEL mencakup isu: pencemaran, kehutanan, perkebunan dan perubahan fungsi lahan, perubahan iklim, perlindungan flora dan fauna, akses informasi, partisipasi dan keadilan lingkungan, pesisir dan maritim, dan pertambangan dan energi. ICEL melakukan advokasi dengan jaringan, baik di tingkat regional, sub-nasional, nasional dan internasional. 

Saat ini, ICEL membuka lowongan pekerjaan untuk 1 (satu) orang Staf Akuntansi dan Pajak, dengan: 

Tanggungjawab Kunci 

  1. Memahami dan menjalankan operasional kelembagaan sesuai dengan Prosedur Keuangan Kelembagaan, serta peraturan keuangan yang berlaku umum. 
  2. Bertanggungjawab atas penyajian laporan keuangan dan informasi keuangan lainnya yang akuntabel, khususnya berkaitan dengan pelaporan pajak kelembagaan. 
  3. Memastikan bahwa pelaporan keuangan kelembagaan berjalan tepat waktu. 
  4. Bertanggungjawab atas manajemen filing dokumen keuangan. 

  

Periode Kontrak 

Kontrak 1 (satu) tahun, dapat diperpanjang sesuai performa dan kesepakatan kerja. 

Uraian Pekerjaan 

  1. Mencatat seluruh transaksi keuangan secara periodik ke program (software) akuntansi. 
  2. Melakukan perhitungan, penyetoran dan pelaporan pajak kelembagaan secara periodik. 
  3. Membuat laporan pajak bulanan dan tahunan atas: PPh 21, 23, 4 (2) dan badan. 
  4. Melakukan pemeriksaan fisik aset tetap secara periodik sesuai dengan prosedur keuangan kelembagaan dan peraturan keuangan yang berlaku umum. 
  5. Melakukan pemeriksaan fisik kas (cash opname) secara periodik bersama dengan Kasir. 
  6. Menyusun laporan keuangan kelembagaan secara periodik: posisi keuangan, aktivitas dan arus kas, serta detail laporan keuangan lainnya yang dibutuhkan. 
  7. Melakukan rekonsiliasi data keuangan secara periodik: bank, kas, uang muka, hutang, piutang dan pajak untuk memastikan data telah terinput dengan benar. 
  8. Membantu proses pelaksanaan audit Lembaga secara periodik sesuai dengan Anggaran Dasar Rumah Tangga (AD/ART), serta Kebijakan dan Prosedur Keuangan. 
  9. Membantu proses pelaksanaan audit Program sesuai dengan Kebijakan dan Prosedur Keuangan dan project agreement/MoU Donor (jika diperlukan). 
  10. Monitoring kelengkapan dokumen keuangan yang telah diarsip/filing oleh Kasir dan Staf Administrasi Keuangan Program. 
  11. Melakukan arsip/filing dan bertanggungjawab atas voucher-voucher keuangan beserta lampiran pendukungnya. 
  12. Membuat laporan perjalanan dinas yang bersifat naratif dan/atau keuangan. 
  13. Melakukan tugas-tugas lain terkait dengan keuangan dan Lembaga yang diberikan oleh Manajer Keuangan. 

  

Kriteria Umum 

  1. Mempunyai motivasi untuk menjadi ahli/expert di bidang keuangan organisasi nir-laba 
  2. Jujur dan menjunjung tinggi integritas pribadi dan organisasi 
  3. Teliti, berinisiatif tinggi dan bertanggungjawab 
  4. Memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik 
  5. Mampu menentukan prioritas kerja dan berkomitmen untuk memenuhi tenggat waktu 
  6. Mampu menyelesaikan pekerjaan secara mandiri dengan pengawasan dan pengarahan minimum 
  7. Memiliki kemampuan analisis yang baik 
  8. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik 
  9. Mampu bekerja dalam tim 
  10. Terampil dalam manajemen arsip dokumen keuangan 

  

Kualifikasi 

  1. Pendidikan min. D3/S1 Akuntansi 
  2. Usia maks. 27 tahun 
  3. Pengalaman kerja/magang di bidang akuntansi dan pajak min. 1 tahun 
  4. Pengalaman kerja di organisasi nirlaba lebih diutamakan 
  5. Memahami Standard Akuntansi Keuangan, khususnya tentang organisasi nirlaba 
  6. Memahami peraturan perpajakan 
  7. Mahir mengoperasikan MS-Office (Word, Excel, Powerpoint) dan internet 
  8. Memiliki kemampuan dan pengalaman menggunakan software akuntansi 
  9. Mampu belajar dengan cepat tentang SOP Keuangan organisasi dan cara kerja organisasi 

  

Waktu Kerja 

Waktu kerja Senin-Jumat pk. 09.00-17.00 WIB 

Persyaratan Administratif 

Mengirimkan Surat Lamaran, Curriculum Vitae (CV), beserta dokumen pendukung ke alamat email: info@icel.or.id dan cc email: stephania@icel.or.id dan isna@icel.or.id dengan subjek email: “ICEL – Lamaran Staf Akuntansi dan Pajak” paling lambat Kamis, 18 Februari 2021.  

  

Informasi  

Indonesian Center for Environmental Law (ICEL) 

Jalan Dempo II No. 21, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12120 

Phone (62-21) 7262740, 7233390 | www.icel.or.id | info@icel.or.id