[Open Recruitment] Asisten Peneliti Juli 2022

Indonesian Center for Environmental Law (ICEL) merupakan lembaga riset dan advokasi dalam bidang hukum dan kebijakan lingkungan hidup. Didirikan sejak 1993, ICEL telah melakukan perubahan kebijakan, peningkatan kapasitas dan advokasi hukum baik dalam bidang hukum lingkungan umum (general environmental law) maupun sektoral. Beberapa sub-bidang hukum lingkungan yang menjadi fokus ICEL melingkupi isu pencemaran; kehutanan, perkebunan dan perubahan fungsi lahan; perubahan iklim; perlindungan flora dan fauna; akses informasi, partisipasi dan keadilan lingkungan; pesisir dan maritim; pertambangan dan energi. ICEL melakukan advokasi dengan jaringan baik di tingkat internasional, regional, nasional dan sub-nasional.

 

Saat ini, ICEL membuka lowongan pekerjaan untuk 1 (satu) orang Asisten Peneliti. Asisten peneliti akan mengemban kewajiban untuk:

Melakukan pengumpulan data, analisis hukum, serta pemetaan isu hukum dan kebijakan lingkungan hidup dan kehutanan sesuai dengan arahan Peneliti

1. Mempersiapkan kontrak, nota, memo internal, dan dokumen administratif lainnya yang terkait dengan program

2. Melakukan komunikasi yang diperlukan dengan pihak-pihak terkait

3. Mengawal kerangka waktu dan kerangka logis program serta mengevaluasi luaran program secara berkala

4. Membantu Peneliti menyusun laporan program, termasuk mengobservasi dan mendokumentasikan perkembangan program dan/atau isu yang terkait dengan program

5. Menghadiri dan berpartisipasi mewakili ICEL dalam pertemuan-pertemuan berkaitan dengan isu yang ditugaskan

 

ICEL mencari calon asisten peneliti dengan kualifikasi sebagai berikut:

1. Sarjana Hukum dengan IPK minimal 3.00

2. Tertarik pada advokasi pembaruan hukum dan kebijakan, advokasi kasus, dan pengembangan kapasitas stakeholder pada isu lingkungan hidup dan kehutanan

3. Komunikatif baik verbal maupun tulisan serta memiliki kemampuan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang baik

4. Memahami cara riset hukum yang baik serta membaca secara kontekstual dan komprehensif

5. Memiliki pengalaman dalam penulisan ilmiah dan/atau penelitian

6. Memiliki pengalaman kepemimpinan atau manajemen tim yang baik dan bersedia terlibat dalam manajemen program 

 

SYARAT ADMINISTRASI

Pelamar wajib mengirimkan tiga dokumen yang terdiri dari:

1. Curriculum Vitae (CV).

2. Surat Keterangan lulus S1.

3. Motivation Letter maksimal 500 kata.

4. Contoh tulisan ilmiah maksimal 2000 kata mengenai hukum terkait isu berikut (pilih salah satu):
- hukum lingkungan secara umum
- kebijakan tata kelola hutan dan lahan
- perizinan berbasis lahan di sektor kehutanan, perkebunan, atau - pertambangan
- litigasi kebakaran hutan dan lahan
- litigasi perubahan iklim
- tata kelola perubahan iklim

Tulisan yang dapat menggambarkan permasalahan aktual terkini dan konkret dalam memberikan solusi dari sisi kebijakan dan reformasi hukum akan mendapatkan nilai tambah. Calon pelamar yang terindikasi melakukan plagiarisme akan langsung gugur dalam proses seleksi.

 

Lamaran beserta seluruh berkas yang dipersyaratkan diterima paling lambat 1 Agustus 2022 melalui email ke anindagrita@icel.or.id, adri@icel.or.id dengan cc ke info@icel.or.id dengan subjek email "Lamaran Asisten Peneliti ICEL"

[Open Recruitment] Website Developer

Indonesian Center for Environmental Law (ICEL) merupakan lembaga riset dalam bidang hukum dan kebijakan lingkungan hidup. Didirikan sejak 1993, ICEL telah melakukan advokasi untuk memastikan pembaharuan hukum dan kebijakan melalui penelitian, peningkatan kapasitas dan advokasi kasus-kasus strategis. 

Sebagai sebuah lembaga yang melakukan riset dalam bidang hukum dan kebijakan lingkungan hidup, ICEL memiliki begitu banyak data dan informasi yang diolah menggunakan sistem digital. Data dan/ atau informasi tersebut dipublikasikan melalui berbagai kanal, salah satunya adalah website. 

Website ICEL yang beralamat di https://icel.or.id/ menjadi sebuah “wadah” untuk mendiseminasikan hasil penelitian dan pemikiran tentang hukum dan kebijakan lingkungan yang diterbitkan oleh Indonesian Center for Environmental Law (ICEL). Selain itu, website ICEL diharapkan dapat merepresentasikan branding lembaga dan menjadi media penyebaran informasi/ publikasi kepada khalayak. Oleh karenanya, tampilan atau user interface website menjadi aspek yang sangat penting. 

Sebuah website dengan tampilan design “Simple, Energizing dan Well-Informed” diharapkan akan menarik banyak pengunjung/ visitor mengunjungi website ICEL, memanfaatkan informasi yang ada di dalamnya dan pada saat yang sama mengenal ICEL lebih baik lagi. 

Dalam pelaksanaannya, ICEL membutuhkan seorang ahli dalam merancang, mengembangkan dan melaksanakan atau mengimplementasikan Pengembangan Sistem dan  Redesign Website ICEL. 
ICEL membuka lowongan pekerjaan untuk 1 (satu) Web Developer baik perorangan maupun Tim, untuk memperbaiki kualitas konten dan desain web ICEL (www.icel.or.id). 

Lama pengerjaan 2 bulan (Oktober-November 2021). 

  

Kualifikasi 

Kewajiban 

·      Memahami HTML, CSS, Javascript dan/atau JQUERY; 

·      Memahami Adobe Illustrator, Photoshop, Corel Draw dan/atau Fireworks; 

·      Memahami CSS dan/atau Bootstrap; 

·      Mampu mendesain tampilan untuk website maupun mobile (responsive); 

·      Menguasai CMS dengan baik terutama WodrPress; Laravel; Node JS 

·      Berpengalaman dalam pengembangan desain dan konten website (dibuktikan dengan website yang pernah dikembangkan). 

  

·         Membuat hasil review desain dan konten website ICEL existing. 

·         Memperbaiki tampilan website ICEL agar lebih atraktif, sesuai dengan tema/theme yang diangkat oleh ICEL yaitu Simple, Energizing dan Well-Informed. Dimana ketentuan tampilan akan disertakan pada “Visual Guidelines”. 

·         Menganalisa, mengoptimalkan dan memperkuat sistem keamanan di website ICEL serta menambahkan fitur/ menu pada website yang baru. 

  

  

  

Syarat Administrasi 

Salinan KTP, CV, portofolio Website yang pernah dikerjakan/dikembangkan. Lamaran  dikirimkan paling lambat 13 September 2021 ke: info@icel.or.id cc anindagrita@icel.or.id ; isna@icel.or.id; yanuar@icel.or.id

Pelamar akan diundang dalam rapat pada 15 September 2021 untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut tentang harapan ICEL terhadap pengembangan website-nya untuk menjadi basis pelamar mengajukan Penawaran Biaya dan Usulan luaran kerja beserta lini masanya. 

Pelamar diharapkan mengirimkan Penawaran Biaya dan Usulan luaran kerja beserta lini masanya paling lambat tanggal 20 September 2021. 

Pelamar yang terpilih akan diumumkan selambat-lambatnya tanggal 24 September 2021. 

Ketentuan selengkap bisa dicek di : TOR 

Pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi contact person: Yanuar (085740831972) 

  

  

 

[Open Recruitment] Staf Akuntansi dan Pajak

Indonesian Center for Environmental Law (ICEL) merupakan Lembaga riset dan advokasi dalam bidang hukum dan kebijakan lingkungan hidup. Didirikan sejak tahun 1993, ICEL telah berkontribusi melakukan perubahan kebijakan, peningkatan kapasitas dan advokasi hukum baik dalam bidang hukum lingkungan umum (general environmental law) maupun sektoral serta perlindungan hak asasi manusia dan pembenahan tata kelola pemerintahan yang baik. Beberapa sub-bidang hukum lingkungan yang menjadi fokus ICEL mencakup isu: pencemaran, kehutanan, perkebunan dan perubahan fungsi lahan, perubahan iklim, perlindungan flora dan fauna, akses informasi, partisipasi dan keadilan lingkungan, pesisir dan maritim, dan pertambangan dan energi. ICEL melakukan advokasi dengan jaringan, baik di tingkat regional, sub-nasional, nasional dan internasional. 

Saat ini, ICEL membuka lowongan pekerjaan untuk 1 (satu) orang Staf Akuntansi dan Pajak, dengan: 

Tanggungjawab Kunci 

  1. Memahami dan menjalankan operasional kelembagaan sesuai dengan Prosedur Keuangan Kelembagaan, serta peraturan keuangan yang berlaku umum. 

  1. Bertanggungjawab atas penyajian laporan keuangan dan informasi keuangan lainnya yang akuntabel, khususnya berkaitan dengan pelaporan pajak kelembagaan. 

  1. Memastikan bahwa pelaporan keuangan kelembagaan berjalan tepat waktu. 

  1. Bertanggungjawab atas manajemen filing dokumen keuangan. 

  

Periode Kontrak 

Kontrak 1 (satu) tahun, dapat diperpanjang sesuai performa dan kesepakatan kerja. 

Uraian Pekerjaan 

  1. Mencatat seluruh transaksi keuangan secara periodik ke program (software) akuntansi. 

  1. Melakukan perhitungan, penyetoran dan pelaporan pajak kelembagaan secara periodik. 

  1. Membuat laporan pajak bulanan dan tahunan atas: PPh 21, 23, 4 (2) dan badan. 

  1. Melakukan pemeriksaan fisik aset tetap secara periodik sesuai dengan prosedur keuangan kelembagaan dan peraturan keuangan yang berlaku umum. 

  1. Melakukan pemeriksaan fisik kas (cash opname) secara periodik bersama dengan Kasir. 

  1. Menyusun laporan keuangan kelembagaan secara periodik: posisi keuangan, aktivitas dan arus kas, serta detail laporan keuangan lainnya yang dibutuhkan. 

  1. Melakukan rekonsiliasi data keuangan secara periodik: bank, kas, uang muka, hutang, piutang dan pajak untuk memastikan data telah terinput dengan benar. 

  1. Membantu proses pelaksanaan audit Lembaga secara periodik sesuai dengan Anggaran Dasar Rumah Tangga (AD/ART), serta Kebijakan dan Prosedur Keuangan. 

  1. Membantu proses pelaksanaan audit Program sesuai dengan Kebijakan dan Prosedur Keuangan dan project agreement/MoU Donor (jika diperlukan). 

  1. Monitoring kelengkapan dokumen keuangan yang telah diarsip/filing oleh Kasir dan Staf Administrasi Keuangan Program. 

  1. Melakukan arsip/filing dan bertanggungjawab atas voucher-voucher keuangan beserta lampiran pendukungnya. 

  1. Membuat laporan perjalanan dinas yang bersifat naratif dan/atau keuangan. 

  1. Melakukan tugas-tugas lain terkait dengan keuangan dan Lembaga yang diberikan oleh Manajer Keuangan. 

  

Kriteria Umum 

  1. Mempunyai motivasi untuk menjadi ahli/expert di bidang keuangan organisasi nir-laba 

  1. Jujur dan menjunjung tinggi integritas pribadi dan organisasi 

  1. Teliti, berinisiatif tinggi dan bertanggungjawab 

  1. Memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik 

  1. Mampu menentukan prioritas kerja dan berkomitmen untuk memenuhi tenggat waktu 

  1. Mampu menyelesaikan pekerjaan secara mandiri dengan pengawasan dan pengarahan minimum 

  1. Memiliki kemampuan analisis yang baik 

  1. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik 

  1. Mampu bekerja dalam tim 

  1. Terampil dalam manajemen arsip dokumen keuangan 

  

Kualifikasi 

  1. Pendidikan min. D3/S1 Akuntansi 

  1. Usia maks. 27 tahun 

  1. Pengalaman kerja/magang di bidang akuntansi dan pajak min. 1 tahun 

  1. Pengalaman kerja di organisasi nirlaba lebih diutamakan 

  1. Memahami Standard Akuntansi Keuangan, khususnya tentang organisasi nirlaba 

  1. Memahami peraturan perpajakan 

  1. Mahir mengoperasikan MS-Office (Word, Excel, Powerpoint) dan internet 

  1. Memiliki kemampuan dan pengalaman menggunakan software akuntansi 

  1. Mampu belajar dengan cepat tentang SOP Keuangan organisasi dan cara kerja organisasi 

  

Waktu Kerja 

Waktu kerja Senin-Jumat pk. 09.00-17.00 WIB 

  

Persyaratan Administratif 

Mengirimkan Surat Lamaran, Curriculum Vitae (CV), beserta dokumen pendukung ke alamat email: info@icel.or.id dan cc email: stephania@icel.or.id dan isna@icel.or.id dengan subjek email: “ICEL – Lamaran Staf Akuntansi dan Pajak” paling lambat Kamis, 18 Februari 2021.  

  

  

Informasi  

Indonesian Center for Environmental Law (ICEL) 

Jalan Dempo II No. 21, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12120 

Phone (62-21) 7262740, 7233390 | www.icel.or.id | info@icel.or.id