Raynaldo G. Sembiring

Raynaldo G. Sembiring

Raynaldo G. Sembiring

Raynaldo G. Sembiring atau yang lebih akrab dipanggil Dodo, saat ini aktif dalam gerakan pembaharuan hukum lingkungan. Selain itu, Ia juga merupakan pengacara publik (terdaftar sebagai anggota PERADI), Dewan Daerah Walhi DKI Jakarta, pengajar hukum lingkungan dan aktif menjadi penghubung ICEL dengan beberapa jejaring dan lembaga yang bergerak di bidang hukum lingkungan di beberapa negara.

Dodo menyelesaikan pendidikan sarjana dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia dan melanjutkan pendidikan pasca sarjana di Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara.

Dodo beberapa kali diundang sebagai narasumber pada forum-forum internasional dan nasional. Menyusun beberapa penelitian hukum dan kebijakan lingkungan di tingkat nasional dan lokal serta juga menyusun beberapa peraturan di bidang lingkungan hidup dan sumber daya alam. Publikasinya bisa di lihat di website ICEL.

Keahlian: Hukum Lingkungan Umum, Hukum Keanekaragaman Hayati, Hukum Administrasi Lingkungan, Anti Strategic Lawsuit Against Public Participation (Anti SLAPP) dan akses partisipasi publik serta etika lingkungan.

Email: raynaldosembiring@icel.or.id