ICEL

ICEL

Publikasi » Buku

Panduan bagi Masyarakat dalam Penanganan Pengaduan Tentang Pelanggaran Pencemaran Air

ISBN:978-602-95603-8-1
Penulis:

Raynaldo Sembiring
Margaretha Quina
Shafira Anindia Alif Hexagraha

Penerbit:

Indonesian Center for Environmental Law (ICEL)

Panduan ini diterbitkan guna memberikan dukungan pengetahuan dan keterampilan bagi masyarakat untuk melakukan partisipasi dalam pengawasan dan penegakan hukum atas dugaan adanya pencemaran air. Melalui panduan ini, masyarakat diharapkan mampu mengidentifikasi pelanggaran-pelanggaran yang terjadi dengan mendasarkan pada analisa kepatuhan penanggung jawab usaha atau kegiatan atas berbagai ketentuan yang terdapat dalam instrument pengendalian seperti dokumen perizinan dan laporan pelaksanaannya, melakukan pengaduan sesuai dengan prosedur yang ada, hingga memastikan bahwa pengelolaan pengaduan dilaksanakan oleh pemerintah yang berwenang sesuai dengan prosedur hukum yang ada.

Oleh karena itu, panduan ini juga dilengkapi dengan bagaimana masyarakat mendayagunakan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan untuk mendorong akuntabilitas pengelolaan pengaduan lingkungan hidup oleh pemerintah yang berwenang

Lihat

Buku Pedoman Pengawasan & Penegakan Hukum dalam Pencemaran Air

ISBN:978-602-95603-7-4
Penulis:

Henri Subagiyo, S.H., M.H.
Raynaldo Sembiring, S.H.
Margaretha Quina, S.H.,LL.M.
Astrid Debora, S.H., M.H.
Isna Fatimah, S.H.
Grita Anindarini, S.H.
Fajri Fadhillah, S.H.

Penerbit:

Indonesian Center for Environmental Law (ICEL)

Buku panduan ini disusun dengan menggabungkan beberapa temuan empirik yang dilakukan secara observasional dan temuan dari studi-studi normatif. Secara umum, buku panduan ini bertujuan agar pengawas lingkungan di daerah mampu mengoptimalkan pengawasan dan penegakan hukum – khususnya sanksi administratif – untuk memastikan penanggungjawab usaha dan/atau kegiatan memenuhi kewajibannya serta mencegah dan mengatasi pencemaran air yang terjadi

Lihat

Panduan Praktis Advokasi Lingkungan dan Sumber Daya Alam bagi Masyarakat

ISBN:978-602-95603-6-7
Penulis:

Rayhan Dudayev, S.H.
R. Kemala Nababan, S.H.
Raynaldo Sembiring, S.H.
Citra Hartati,S.H.,M.H.
Ohiongyi Marino, S.H

Penerbit:

Indonesian Center for Environmental Law (ICEL)

Buku panduan ini menyajikan bukan hanya aturan normatif mengenai bagaimana masyarakat dapat mengakses haknya tetapi juga pembelajaran di lapangan, bagaimana aturan tersebut dapat efektif dijalankan. Pembelajaran di lapangan tersebut didapatkan dari kegiatan pusat pembelajaran bagi komunitas di Kabupaten Barito Timur, Provinsi Kalimantan Tengah yang coba dikembangkan oleh Indonesian Center for Environmental Law (ICEL).

Lihat

Memulihkan Sungai Sebuah Panduan Umpan Balik dan Partisipasi Komunitas

ISBN:
Penulis:

Margaretha Quina, S.H., LL.M.
Astrid Debora, S.H., M.H.
Fajri Fadhillah, S.H.

Penerbit:

Indonesian Center for Environmental Law (ICEL)

Sebuah Panduan Umpan Balik dan Partisipasi Komunitas. Panduan ini merupakan bagian dari Program Strengthening the Right to Information for People and the Environment III (STRIPE III) yang didukung oleh Yayasan TIFA, Open Society Foundation, dan World Resource Institute.

Lihat

Buku Anotasi UU Nomor 32 Tahun 2009

ISBN:978-602-95603-5-0
Penulis:

Raynaldo Sembiring, S.H (Koordinator)
Yustisia Rahman, S.H
Elizabeth Napitupulu, S.H
Margaretha Quina, S.H
Rika Fajrini, S.H

Penerbit:

Indonesian Center for Environmental Law (ICEL)

Buku ini terdiri dari 10 bab. Bab I berisi tentang Bab I, berisi penjelasan tentang latar belakang, metode penelitian, dan sistematika penulisan; Bab II, berisi penjelasan tentang politik hukum perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup; Bab III, berisi tentang anotasi hukum terhadap asas-asas perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup; Bab IV, berisi tentang anotasi hukum terhadap hak masyarakat atas lingkungan hidup; Bab V, berisi tentang anotasi hukum terhadap perencanaan lingkungan hidup dan pemanfaatan SDA; Bab VI, berisi tentang anotasi hukum terhadap pengendalian lingkungan hidup; Bab VII, berisi tentang anotasi hukum terhadap kelembagaan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup; Bab VIII, berisi tentang anotasi hukum terhadap pengawasan dan sanksi administrasi; Bab IX, berisi tentang anotasi hukum terhadap penyelesaian sengketa dan keperdataan lingkungan hidup; dan Bab X, berisi tentang anotasi hukum terhadap hukum pidana lingkungan hidup.

Lihat

Indeks Kelola Hutan dan Lahan Daerah

ISBN:978-602-95603-3-6
Penulis:

Yustisia Rahman
Citra Hartati
Muhammad Maulana
Henri Subagiyo
R. Alam Surya Putra

Penerbit:

Kinerja Pemerintah Daerah Dalam Pengelolaan Hutan dan Lahan di Indonesia (Studi Kasus Pada 9 Kabupaten).

Lihat

Perizinan Terpadu untuk Perbaikan Tata Kelola Hutan di Indonesia

ISBN:978-602-95603-2-9
Penulis:

Feby Ivalerina Kartikasari, S.H., LL.M
Maret Priyanta, S.H., M.H.
Dewi Tresya, S.H.
Wulan Kusumawardhani, S.H.

Penerbit:

Indonesian Center for Environmental Law (ICEL)

Studi Kasus Kalimantan Tengah

Tata kelola pemerintahan yang baik merupakan hakikat pembangunan yang berkelanjutan. Dalam konteks pengelolaan hutan, tata kelola hutan yang baik merupakan hakikat pengelolaan hutan yang berkelanjutan. Pada aspek perizinan di sektor kehutanan, tata kelola hutan yang baik mensyaratkan adanya sistem perizinan yang berasaskan pada prinsip–prinsip tata kelola pemerintahan yang baik,mulai dari proses pembentukan peraturan tentang sistem perizinan hingga implementasinya.

Lihat

Tanya Jawab Standar Layanan Informasi Publik

ISBN:978-602-98051-09
Penulis:

Josi Khatarina, Dyah Paramita, Henri Subagiyo, Dessy Eko Prayitno, Astrid Debora S.M.

Penerbit:

Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia
bekerjasama dengan:
Indonesian Center for Environmental Law (ICEL), The Asia Foundation dan Royal Netherlands Embassy Jakarta

Komisi Informasi Pusat telah menerbitkan Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2010 tentang Standar Layanan Informasi Publik (PERKI No. 1) sebagai salah satu peraturan pelaksana dari Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP).

Lihat

Penafsiran atas Pengecualian di dalam Hak atas Informasi

ISBN:
Penulis:

Dessy Eko Prayitno, Henri Subagiyo, Josi Khatarina, Prayekti Murharjanti, Rifqi S. Assegaf, Toby Mendel, Michael Karanicolas

Penerbit:

Centre for Law and Democracy
Indonesian Center for Environmental Law

Pengalaman di Indonesia dan Negara Lain

Indonesia mengesahkan Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) pada akhir April 2008 setelah kampanye panjang yang dilakukan oleh masyarakat sipil bersama-sama dengan elemen masyarakat lainnya. Dalam kampanye ini, masyarakat sipil Indonesia bersama-sama dengan masyarakat bangsa lainnya yang telah menerapkan undang-undang hak atas informasi, memberikan hak kepada setiap orang untuk mendapatkan informasi yang dikuasai oleh badan-badan publik. UU KIP merupakan suatu undang-undang yang berpotensi mengembangkan demokrasi di Indonesia. Secara khusus, tujuannya adalah untuk membalikkan praktik sejarah yang memperlakukan kebanyakan informasi sebagai bersifat rahasia, dan menciptakan keadaan di mana informasi menjadi terbuka kepada publik, dengan informasi terbatas yang tetap dirahasiakan.

Lihat

Buku Anotasi UU Nomor 14 Tahun 2008

ISBN:978-602-96170-0-9
Penulis:

Henri Subagiyo (Koordinator), Dessy Eko Prayitno, Dewi Tresya, Muhammad Yasin, Wishnu Basuki, Agus Sudibyo Danardono Siradjudin

Penerbit:

Efektiftas pelaksanaan UU KIP akan dipengaruhi setidaknya oleh tiga prasyarat, yaitu: a) pemaknaan substansi UU KIP yang selaras dengan tujuan pembentukannya, yakni menjamin pemenuhan hak masyarakat atas informasi; b) adanya dukungan struktur, baik berupa bentuk kelembagaan yang tepat maupun sarana yang memadai dalam mengimplementasikan norma-norma hukum tersebut; c) adanya  budaya hukum yang baik di tingkat masyarakat maupun elemen-elemen lainnya yang terikat dengan peraturan tersebut. Pembuatan buku anotasi ini dimaksudkan  untuk mendorong  pemenuhan prasyarat tersebut. Kami berharap buku ini dapat menjadi referensi bagi publik maupun badan publik dalam melaksanakan UU KIP.

Lihat

1