PROSIDING – WEBINAR INTERNASIONAL “INDUSTRI PETROKIMIA HULU: MENILIK SUMBER PENCEMARAN PLASTIK YANG TIDAK TERLIHAT”

PROSIDING – WEBINAR INTERNASIONAL “INDUSTRI PETROKIMIA HULU: MENILIK SUMBER PENCEMARAN PLASTIK YANG TIDAK TERLIHAT”

Penulis:

Indonesian Center for Environmental Law (ICEL)

Keterangan:

Polemik sampah plastik tidak akan terselesaikan secara tuntas apabila permasalahan tidak dilihat sampai pada akarnya. Sedikit orang yang mengetahui bahwa plastik merupakan bahan olahan dari hidrokarbon yang berasal dari bahan bakar fosil seperti minyak bumi, batubara, dan gas alam.
Hasil olahan minyak bumi dan gas alam tersebut akan diolah kembali dalam pabrik petrokimia, sehingga menghasilkan virgin plastic yang akan digunakan untuk memproduksi plastik yang akan digunakan oleh masyarakat sehari-hari.
Pemerintah Indonesia berencana untuk mengembangkan industri petrokimia hulu yang menghasilkan biji plastik ini. Rencana Induk Pengembangan Industri Nasional Tahun 2015 –2035 (RIPIN) menempatkan beberapa industri yang berkaitan dengan produksi plastik sebagai industri prioritas. Salah satunya adalah industri petrokimia hulu yang masuk kelompok industri kimia dasar berbasis migas dan batubara.
Aspek positif dari pengembangan industri petrokimia hulu ini harus diseimbangkan dengan perhatian pada potensi dampak negatif yang timbul dari pengembangan industri petrokimia hulu. Dari sisi pengelolaan sampah secara komprehensif, beban penanganan timbulan sampah di hilir akan terus bertambah berat tanpa adanya pengendalian produksi biji plastik di hulu. Dengan begitu, Pemerintah Indonesia juga harus menyiapkan kebijakan pengurangan sampah sejak dari industri petrokimia hulu.
Berangkat dari identifikasi masalah tersebut, Indonesian Center for Environmental Law (ICEL) melihat pentingnya diskursus mengenai pengembangan industri petrokimia hulu dan kaitannya dengan pengelolaan sampah dan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Maka dari itu, ICEL telah melaksanakan webinar internasional yang berjudul “Industri Petrokimia Hulu: Menilik Sumber Pencemaran Plastik yang Tidak Terlihat”. Webinar ini dilaksanakan pada tanggal Senin, 14 Juni 2021 pukul 09.00-11.30.

Lihat    Download