URGENSI PARTISIPASI PUBLIK DALAM MENDORONG TRANSISI ENERGI YANG BERKEADILAN

URGENSI PARTISIPASI PUBLIK DALAM MENDORONG TRANSISI ENERGI YANG BERKEADILAN

Penulis:

Grita Anindarini

Keterangan:

Seri Analisis Transisi Energi #2

Pengelolaan energi telah dilihat sebagai satu aspek yang tidak berdiri sendiri, melainkan sangat berkaitan erat dengan berbagai aspek, seperti: perubahan iklim, pembangunan ekonomi dan sosial, pemberantasan kemiskinan, ketahanan pangan, kesehatan, pengelolaan lingkungan hidup, hingga pertahanan dan keamanan.

Melihat strategisnya peran dari pengelolaan energi ini, keterlibatan dari seluruh pihak dalam penyelenggaraannya menjadi sangat penting, termasuk dari masyarakat. Terlebih, saat ini Pemerintah Indonesia tengah berkomitmen untuk menurunkan emisi gas rumah kaca, yang pada akhirnya mendorong Indonesia untuk perlu beralih kepada energi terbarukan, khususnya di sektor ketenagalistrikan, dengan segera.

Hal ini dikarenakan sektor ketenagalistrikan merupakan penyumbang emisi terbesar pada sektor energi, yakni sebesar 175,6 juta ton CO2e atau 67% dari total emisi di sektor energi.

Tulisan ini bertujuan untuk melihat sejauh mana ruang pelibatan masyarakat dalam pengelolaan energi, secara lebih khusus dalam penyelenggaraan usaha ketenagalistrikan di Indonesia.

Lihat    Download